Aplikasi-Aplikasi Yang Wajib Ada Di Mac OS X Catalina

 


Assalaamu'alaikum...

Hai... Apa kabar kawan-kawan pembaca semua?

Semoga diberikan umur yang panjang dan rezeki yang berlimpah ya.

 

Terima kasih sudah mampir ke website saya dan membaca tulisan-tulisan saya. Yah... setidaknya dapat pengetahuan sedikit lah ya. Dan semoga tulisan-tulisan saya dapat memberikan manfaat bagi kawan-kawan semua. Itu yang paling penting.

 

O iya, lagi-lagi saya ngingetin ya ( sekaligus ngiklan sih hehehe... ), siapa tahu ada yang punya laptop atau PC di rumah yang sedang rusak atau bermasalah, dan mau service atau install ulang laptop atau PC nya, silahkan hubungi saya. Biaya jasa service atau install bersahabat lah...

 

Ok, lanjut cerita dulu sedikit deh, soalnya dah lama ga nulis jadi yah... banyak cerita yang tidak tertuang dalam tulisan.

 

Sebelum ini, saya mempunyai laptop Dell Latitude E6230 yang saya install dual boot OS, yaitu Mac OS X 10.11.6 El Capitan dan Windows 8.1 Enterprise. Kinerjanya cukup apik dan memuaskan. Tak ada masalah, kecuali... ( nah ini nih yang bikin saya ganti ke lain laptop ), sulit untuk di-upgrade ke Mac OS X Release terbaru, yaitu Mac OS X 10.15.7 Catalina yang tampilan dan fitur-fiturnya lebih wah dan ciamik daripada Mac OS X 10.11.6 El Capitan. Selain itu, jika masih bertahan di Mac OS X 10.11.6 El Capitan, maka banyak aplikasi-aplikasi Mac terbaru yang tidak bisa di-install di Mac OS X 10.11.6 El Capitan, karena seperti kita ketahui bahwa setiap 2 atau 3 generasi Mac OS X akan berbeda sekali system requirements-nya. Beda dengan OS Windows yang tak banyak perubahan, hanya berubah tampilan, atau OS Linux yang justru lebih ribet, njlimet, yang terlalu banyak distro, varian dan turunan, dari kakeknya OS Linux, nenek, anak, sampai cucu dan cicitnya, ada banyak, beda-beda lagi, kayak geng, pusing dah, mumet sirahku hahaha..., tapi menantang sih. Kalau dibanding pakai OS Windows, saya lebih memilih pakai OS Linux karena no virus-virusan. OS Linux rekomendasi saya yaitu Deepin karena stylishly dan Pop OS karena simple dan cepat. 

 

Balik lagi dah ke masalah upgrade Mac OS X. Seperti yang diketahui secara umum, Mac OS X sudah merilis beberapa versi sebagai berikut :

 

01. Mac OS X 10.0 Cheetah ( 24 Maret 2001 )

02. Mac OS X 10.1 Puma ( 25 September 2001 )

03. Mac OS X 10.2 Jaguar ( 24 Agustus 2002 )

04. Mac OS X 10.3 Panther ( 24 Oktober 2003 )

05. Mac OS X 10.4 Tiger ( 29 April 2005 )

06. Mac OS X 10.5 Leopard ( 26 Oktober 2007 )

07. Mac OS X 10.6 Snow Leopard ( 28 Agustus 2009 )

08. Mac OS X 10.7 Lion ( 20 Juli 2011 )

09. OS X 10.8 Mountain Lion ( 25 Juli 2012 )

10. OS X 10.9 Mavericks ( 22 Oktober 2013 )

11. OS X 10.10 Yosemite ( 16 Oktober 2014 )

12. OS X 10.11 El Capitan ( 30 September 2015 )

13. macOS 10.12 Sierra ( 20 September 2016 )

14. macOS 10.13 High Sierra ( 25 September 2017 )

15. macOS 10.14 Mojave ( 24 September 2018 )

16. macOS 10.15 Catalina ( 7 Oktober 2019 )

17. macOS 11 Big Sur ( 12 November 2020 )

 

Nah... beda versinya terlampau jauh kan... dari Mac OS X 10.11.6 El Capitan ke Mac OS X 10.15.7 Catalina. Maka system requirements untuk aplikasi-aplikasi yang terbaru akan sangat berbeda sehingga tidak akan bisa di-install-kan di Mac OS X 10.11.6 El Capitan lagi. Kesimpulannya ya... mau tidak mau, harus ganti ke lain laptop seperti yang saya bilang tadi diatas. Dan untuk mendapatkan laptop yang terbaik, saya browsing sana sini, baca review sana sini, dan akhirnya menemukan laptop yang cocok dan pas untuk di-install Mac OS X 10.15.7 Catalina. Ya, masih dengan merek dan keluarga yang sama, hanya beda tipe dengan yang sebelumnya, yaitu Dell Latitude E7270. Bukan bermaksud apa-apa, pilihan ke merek Dell dikarenakan laptop merek ini menurut saya tangguh, tak gampang rusak, tidak rewel, banyak hardware pendukungnya, terutama yang paling saya suka adalah adanya slot WWAN Card dan SIM Card tray, dimana keduanya berfungsi untuk Internet 4G, sehingga saya bisa internetan langsung dari laptop tanpa mencari-cari dan konek ke wifi, dan yang terakhir yang paling penting adalah laptop Dell mudah untuk di-customize, baik hardware maupun software-nya.

 

Laptop Dell Latitude E7270 sudah tidak diproduksi lagi saat ini, namun laptop second-nya masih ada dijual di toko-toko online maupun offline. Tak banyak dijual memang second-nya, namun masih ada. Kalaupun kawan-kawan lihat sepertinya terlihat banyak di website jual beli online seperti di tokopedia, biasanya itu barang yang sama, tapi dari etalase penjual online yang berbeda-beda, dengan dengan foto dan harga yang berbeda-beda pula. Jadi perlu berhati-hati dalam memilih dan menentukan pilihan harga jika ingin membeli. Harga barunya dulu mahal, sekitar 25 jutaan. Alhamdulillah saya masih mendapatkan laptop Dell Latitude E7270 second dengan kemulusan sekitar 98% dan dengan kondisi mesin yang hampir sama dengan barunya. Yah... kalau mau dibilang mulus banget sih ya... enggak lah ya. Tapi kalau persentasenya sekitar 98% berarti bisa dibayangkan sendiri seperti apa.

 

Setelah laptop Dell Latitude E7270 sudah sampai di tangan, kemudian saya lakukan upgrade hardware besar-besaran, mulai dari Hard Disk, Memory, WLAN Card ( Wireless Protocol ), WWAN Card ( Wireless Controller ), SIM Card, dan Battery, hingga akhirnya laptop Dell Latitude E7270 tersebut mempunyai spesifikasi yang maksimal.

 

Dan inilah spesifikasi dari laptop Dell Latitude E7270 tersebut saat ini :

 

DELL LATITUDE E7270

Processor Intel Core i7 6600U 2.9 GHz Max Turbo Speed 3.4 GHz

Memory 16 GB DDR4 2400 Mhz ( Dual Channel RAM )

Graphics Intel HD Graphics 520

Hard Disk Drive Samsung SSD 970 EVO Plus 2 TB NVMe M.2 Card

Display 12,5"HD ( 1366x768 ) Anti Glare LED

Wireless Protocol Dell DW1830 AC 1300 Mbps 802.11a/b/g/n/ac M.2 Card

Wireless Controller Dell DW5816e 4G LTE Cat. 6 300 Mbps M.2 Card

Wired Protocol Gigabit Ethernet ( 10/100/1000 NIC )

Bluetooth 4.1 M.2 Card

Cards SIM Card tray, Smart Card Reader & Contactless Smart Card Reader

I/O Ports 2x USB 3.0, 1x USB 3.0 ( PowerShare ), LAN, Mini Display Port, Audio, HDMI

Battery 4 Cell Capacity 55 Wh

Width 12.2 inch

Height 0.7 inch

Depth 8.5 inch

Weight 2.78 lbs

 

Oke, tanpa berpikir panjang lagi, dengan segala kemampuan dan pengetahuan yang sudah sampai pada tingkat Master hehehe..., langsung saja, saya install laptop Dell Latitude E7270 tersebut dengan dual boot OS, yaitu Mac OS X 10.15.7 Catalina dan Windows 10 Enterprise. Dan hasilnya... LUAR BIASA!!!

 

Akurasi, ketepatan, kecepatan, dan kenyamanan, serta keterpenuhian semua fasilitas yang ada melebihi dari install-an yang sebelum-sebelumnya. Terutama pada bagian tampilan dan fitur-fiturnya yang lebih wow dan ciamik, benar-benar smooth... Dan yang paling saya suka adalah fitur screen saver "Drift" yang menampilkan screen saver terkeren yang pernah saya lihat menurut saya. Well... tanpa kesulitan yang berarti, semua bisa diselesaikan dengan cepat, dan sekali lagi… LUAR BIASA!!! SANGAT MEMUASKAN!!!

 

Nah... Ini dia...

 


 

 

 Klik tanda segitiga putih u di atas untuk melihat Drift Screen Saver.

 

Dan untuk melengkapinya, saya langsung meng-install aplikasi-aplikasi pendukung untuk keperluan pekerjaan maupun tugas-tugas yang menanti untuk diselesaikan. Nah, seperti biasa, disini saya menggunakan aplikasi-aplikasi yang menurut saya wajib ada di Mac OS X 10.15.7 Catalina baik sebagai aplikasi utama maupun sebagai aplikasi pendukung.

 

Aplikasi-aplikasi yang wajib ada di Mac OS X 10.15.7 Catalina tersebut adalah :

 

1. QURAN MAJEED

 


Aplikasi ini saya butuhkan untuk membaca, mendengar, dan menela'ah Al-Qur'an Al-Karim. Dengan aplikasi ini, saya senantiasa dapat memahami kandungan-kandungan Al-Qur'an secara mendalam, sehingga diharapkan tidak hanya urusan dunia saja yang perlu untuk diketahui dan dilakukan, namun urusan akhirat juga perlu untuk diutamakan.

 

2. MICROSOFT OFFICE ( WORD, POWERPOINT, dan EXCEL )

 


Aplikasi ini sangatlah populer. Gunanya adalah untuk mengerjakan pekerjaan kantor sehari-hari, tugas-tugas, maupun untuk kegiatan mengajar seperti ketika saya menulis makalah, presentasi, dan membuat tabel.

 

3. ADOBE PHOTOSHOP

 


Aplikasi ini diperlukan untuk membuat atau meng-edit foto atau gambar agar terlihat lebih menarik, serta untuk aktivitas drawing lainnya.

 

4. ADOBE PREMIERE PRO

 


Aplikasi ini diperlukan untuk membuat atau meng-edit video agar terlihat lebih menarik, serta untuk aktivitas video editing lainnya.

 

5. ADOBE ACROBAT

 


Aplikasi ini diperlukan untuk menampilkan dan meng-edit file dokumen yang berupa PDF. Selain itu, aplikasi ini juga dapat mengkonversi file dokumen PDF tersebut menjadi file dokumen yang berupa gambar, word, powerpoint, excel, dan lain sebagainya.

 

6. TOTAL FINDER

 


Aplikasi ini membuat tampilan Finder menjadi ganda dengan fasilitas Toggle Dual Mode sehingga memudahkan saya untuk melakukan kegiatan copycutpasterename, dan lain-lain tanpa pusing harus kembali ke folder-folder sebelumnya.

 

7. LITTLE SNITCH

 


Aplikasi ini digunakan untuk memblokir aplikasi-aplikasi tertentu yang akan terkoneksi dengan internet sehingga akan memperkecil kemungkinan cepat habisnya kuota internet ( jika menggunakan modem ) atau menghindari terblokirnya lisensi dari aplikasi-aplikasi tersebut.

 

8. CLEAN MY MAC

 


Clean My Mac adalah aplikasi perawatan yang menangani koreksi dan perbaikan setiap permasalahan pada laptop sehingga dapat menjaga laptop tetap dalam kondisi prima. Dengan aplikasi ini, saya dapat me-maintenance laptop saya, baik secara otomatis maupun manual, sehingga laptop saya akan selalu menjadi seperti baru di-install kembali dan berdaya kerja maksimal.

 

9. TUXERA DISK MANAGER

 


Tuxera Disk Manager adalah aplikasi yang digunakan untuk membaca ( read ) dan menulis ( write ) semua file pada hard disk yang berformat NTFS. Secara default, sistem operasi komputer Mac OS X tidak akan bisa secara otomatis membaca dan menulis file pada hard disk yang berformat NTFS. Oleh karena itu, sangat diperlukan aplikasi ini untuk mengatasi hal tersebut.

 

10. ADGUARD

 


Aplikasi ini sangat penting karena digunakan untuk memblokir semua iklan yang ada di halaman website yang sedang saya kunjungi saat browsing, memeriksa dan mengamankan setiap halaman tersebut, memblokir semua kemungkinan yang berpotensi menimbulkan bahaya, melindungi privasi saya dari bahaya malware dan bahaya data phishing.

 

11. GOOGLE CHROME

 


Google Chrome adalah salah satu web browser yang paling populer di dunia. Web browser yang dikembangkan oleh Google ini, merupakan situs pencarian yang saat ini paling banyak digunakan oleh masyarakat. Kinerja Google Chrome yang super cepat, tampilan antarmuka yang sederhana, sinkronisasi di berbagai perangkat secara sekaligus, dan adanya beragam ekstensi adalah hal-hal yang membedakannya dari browser-browser terbaik lainnya. Banyak orang, termasuk saya, memilih menggunakan Google Chrome karena memiliki banyak kelebihan. Salah satu keunggulan dari web browser ini adalah mudah diakses dan memiliki desain yang minimalis. Selain itu, beberapa kelebihan yang lain di antaranya yaitu lebih hemat RAM, lebih aman, lebih responsif, dan mampu dengan cepat mendeteksi kata kunci dalam pencarian.

 

12. DROPBOX

 


Aplikasi ini digunakan untuk menyimpan file secara online dengan teknologi penyimpanan data berbasis cloud. Pada prinsipnya, Dropbox memudahkan penggunanya dalam menyimpan dan berbagi file, karena selain dapat digunakan di komputer, Dropbox juga dapat digunakan di handphone, sehingga hasil penyimpanan file ke Dropbox melalui komputer dapat diakses melalui handphone dengan metode sinkronisasi data, begitu juga sebaliknya. File yang telah tersimpan di Dropbox-pun dapat dibagikan ke orang lain melalui sebuah link yang disediakan untuk file yang dibagikan.

 

13. MEMORY CLEAN

 


Aplikasi ini sangat terkenal bagi para pengguna Mac. Dengan aplikasi ini, saya dapat membersihkan memori laptop secara otomatis dengan interval waktu tertentu maupun dengan cara manual sehingga kecepatan laptop dalam memproses setiap program-progam yang saya jalankan akan selalu stabil dan cepat. Apalagi dengan adanya fasilitas "Extreme Clean", saya tidak khawatir laptop saya menjadi lambat. Jadi... no lagno slowno hang!

 

14. APPCLEANER

 


Aplikasi ini digunakan untuk menghapus atau meng-uninstall aplikasi yang tidak diinginkan secara menyeluruh, aman, cepat dan mudah. Cukup saya drag and drop aplikasi yang ingin saya hapus atau uninstall ke kotak AppCleaner, kemudian AppCleaner akan mencari dan menemukan semua file yang terkait dengan aplikasi yang ingin saya hapus atau uninstall, kemudian dengan mengklik tombol Remove, maka aplikasi tersebut akan terhapus secara menyeluruh hingga ke file-file pendukungnya.

 

15. SHAREIT

 


Aplikasi ini digunakan untuk mengirimkan berbagai macam file antar perangkat yang berbeda atau sama. Jadi saya dapat mengirim file dari laptop ke smartphone saya ataupun sebaliknya. Waktu untuk mengirimkan file tersebut juga terbilang sangat cepat meskipun ukuran file yang dikirimkan cukup besar. Kecepatannya bahkan jauh diatas bluetooth yang terkadang membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mengirimkan file dengan kapasitas yang besar. Selain itu, aplikasi ini tidak membutuhkan kuota internet, sehingga meskipun saya mengirimkan file berkali-kali dengan kapasitas yang besar, kuota internet saya tidak akan terkuras.

 

16. ARCSOFT PHOTO+

 


Aplikasi ini digunakan untuk melihat foto-foto atau gambar-gambar secara terorganisir dengan tools yang lengkap. Yang lebih menarik, saya bisa membuat slide show dari foto-foto atau gambar-gambar tersebut dengan iringan musik yang disediakan oleh aplikasi ini maupun lagu pilihan saya sendiri. Selain itu, saya bisa memilih dan menjadikan foto-foto atau gambar-gambar tersebut menjadi desktop wallpaper secara cepat.

 

17. AIMP3

 


Aplikasi ini digunakan untuk mendengarkan lagu-lagu favorit saya. Fitur dan fasilitas yang terdapat di AIMP3 sangatlah lengkap. Apalagi, tampilan Skin Magmatic 2 AIO ( Verdana ) membuat aplikasi ini semakin nyaman dilihat dan mudah untuk digunakan. Selain itu, aplikasi ini dapat juga digunakan untuk mendengarkan radio online di seluruh dunia.

 

18. SPOTIFY

 


Spotify merupakan layanan musik digital yang memberikan akses ke jutaan lagu. Dengan aplikasi ini, saya dapat mendengarkan lagu apapun dari berbagai genre secara gratis maupun berbayar ( beda di kualitas suara dan play offline ) sehingga aktifitas saya di depan laptop menjadi lebih hidup dan berwarna.

 

19. MOVIST PRO

 


Aplikasi ini digunakan untuk menonton video atau film. Aplikasi ini mendukung beragam format video sehingga video apapun dapat diputar dan ditonton menggunakan aplikasi ini. Yang paling saya suka dari Movist Pro ini adalah antarmukanya yang minimalis dan menarik, dengan kontrol transparan yang tidak menghalangi saya untuk menikmati video atau film dalam mode layar penuh. Selain itu, Movist Pro dapat menangani posisi teks terjemahan film ( subtitle ) dengan sangat baik, dan bahkan dapat mencari sendiri teks terjemahan film ( subtitle ) tersebut di internet dan menyajikannya untuk saya baca sesuai dengan bahasa yang saya inginkan.

 

20. TRANSLATE TAB

 


Aplikasi ini digunakan untuk menerjemahkan kata atau frasa secara cepat di lebih dari 100 bahasa. Dapat menerjemahkan kata atau frasa apapun yang saya copy dari suatu tulisan tanpa mem-paste-kannya dulu ke kolom penerjemahan sehingga dapat langsung dilihat hasilnya di menu bar. Penerjemahan yang praktis dan cepat kan.

 

Nah, itulah aplikasi-aplikasi yang wajib ada di Mac OS X 10.15.7 Catalina pada laptop Dell Latitude E7270 menurut saya, disamping aplikasi-aplikasi lain yang tidak kalah pentingnya dengan aplikasi-aplikasi yang telah disebutkan di atas. Semoga bermanfaat.

 

No comments:

Post a Comment

Pages