Aplikasi-Aplikasi Yang Wajib Ada Di Mac OS X (Latitude)



Assalaamu'alaikum...
Apa kabar kawan-kawan pembaca semua?
Semoga diberikan umur yang panjang dan rezeki yang berlimpah ya.

Terima kasih lho sudah berkunjung ke website saya. Semoga yang paling banyak membaca tulisan-tulisan di website saya ini, diberikan ketampanan dan kecantikan yang lebih oleh Allah swt. Aamiin...

O iya, ngomong-ngomong ada yang mau service atau install laptop atau PC nya nggak? Eh... siapa tahu ada yang punya laptop atau PC di rumah yang sedang rusak atau bermasalah. Ok, silahkan hubungi saya. Biaya jasa service atau install bersahabat lah...

Ok. Saya punya sedikit cerita nih. Baru-baru ini, ada teman yang ingin sekali di-install-kan Mac OS X di laptopnya. Dia bilang, "Mas, pengin dong punya laptop yang bisa menjalankan Mac OS X yang keren seperti di laptopnya mas itu..." Saya bilang, "Laptop saya yang mana?" Dia bilang, "Laptopnya mas yang Lenovo Thinkpad itu...". Kemudian saya jawab, "Oo... Laptop yang Lenovo Thinkpad itu ya... Ya, itu laptop legenda. Benar-benar keren memang. Tapi, laptop tersebut sekarang sudah almarhum alias sudah mati dan tidak bisa dipakai lagi."

Ya, pada tanggal 31 Desember 2015, di penghujung tahun, pagi itu saya sedang terbang dari Kendari, Sulawesi Tenggara, menuju ke Jakarta menggunakan pesawat Lion Air, yang kemudian rencananya lanjut ke Semarang dengan menggunakan pesawat yang sama untuk memenuhi panggilan Ibu untuk segera berkumpul karena Bapak sedang sakit dan berada di RSU Dr. Kariadi Semarang, yang kemudian pada tanggal 1 Januari 2016, di saat umat Islam sedang melaksanakan Sholat Jum'at, Bapak menghembuskan nafas yang terakhir dan menghadap ke hadirat Ilahi.

Nah, pada tanggal 31 Desember 2015 itu, saat pesawat tersebut di udara, terkena turbulensi, sehingga terjadi goncangan keras. Entah bagaimana cara menjelaskannya situasi pada saat itu. Yang jelas seperti terkocok dalam suatu wadah. Bayangin sendiri dah.

Setelah sampai di Jakarta dan dalam proses mendarat, pesawat tersebut mengalami anjlok di landasan sehingga pesawat turun tidak sempurna. Pesawat tersebut mengalami turun naik turun naik selama beberapa kali di landasan, dan hal ini menimbulkan goncangan yang amat sangat keras dan kuat, sehingga sebagian besar isi kabin terlempar keluar dan berserakan tak karuan, salah satunya adalah laptop yang saya bawa di dalam tas ransel. Ya, laptop Lenovo Thinkpad X131e yang menjadi legenda bagi saya. Dan karena terlalu kerasnya terlempar keluar, maka laptop legenda tersebut menjadi rusak dan mati total!

Laptop Lenovo Thinkpad X131e tersebut menjadi legenda karena banyak tugas-tugas penting saya yang terselesaikan menggunakan laptop itu, dan... laptop tersebut merupakan laptop pertama yang menjadi keberhasilan saya dalam meng-install dual boot OS dalam 1 laptop, yaitu Mac OS X 10.9.3 Mavericks dan Windows 8.1 Enterprise.

Nah, teman saya tadi mengingatkan saya kembali akan perjuangan saya meng-install system operasi Mac OS X ke dalam laptop yang non Mac, Lenovo Thinkpad X131e, yang bisa berhasil dengan sempurna. Karenanya, timbul keinginan kembali untuk meng-install Mac OS X ke laptop penggantinya.

Setelah mencari dan me-review beberapa laptop incaran, maka saya pilih dan membeli laptop Dell Latitude E6230 yang menurut saya unik dan tangguh, meskipun bobotnya ringan. Karena harga aslinya mahal dan sekarangpun mungkin sudah tidak ada barunya di pasaran, maka saya membelinya dari salah satu situs jual beli online di Indonesia. Menurut penjualnya, laptop yang ia jual berasal dari bekas pemakaian kantor di Singapura. Oke, setelah deal dengan kondisi fisik yang bagus dan dengan harga yang sesuai, maka proses jual beli pun berlangsung, dan hanya menunggu 1 hari, laptop sudah berada di tangan saya.

Dan inilah spesifikasi dari laptop Dell Latitude E6230 tersebut:

DELL LATITUDE E6230
Intel Core i7-3520 2.9Ghz
Memory 8 GB DDR3 1600Mhz
Graphics Intel HD Graphics 4000
Hard Drisk Drive 500GB SSHD
12,5"HD (1366x768) Anti Glare LED
Chipset Intel QM77 Express
Integration Audio
Wireless Type Intel Centrino Advanced-N 6205
Gigabit Ethernet (10/100/1000 NIC)
Bluetooth 3.0
Card Reader & Contactless Smart Card Reader
I/O Ports 1x USB 2.0, 2x USB 3.0, LAN, VGA, Audio, HDMI
6 Cell Primary Battery
Width 12.2" / 309mm
Height 0.88" / 22.4mm to 0.97" / 24.7mm
Depth 8.9" / 226mm
Weight 3.05lbs / 1.383kg

Tanpa berpikir panjang, dengan segala kemampuan dan pengetahuan yang sudah ada, langsung saja, saya install laptop Dell Latitude E6230 tersebut dengan dual boot OS, yaitu Mac OS X 10.11.6 El Capitan dan Windows 8.1 Enterprise. Dan hasilnya... SANGAT MEMUASKAN!!!

Akurasi, ketepatan, kecepatan, dan kenyamanan, serta keterpenuhian semua fasilitas yang ada melebihi dari install-an yang pertama dahulu. Dan tanpa kesulitan yang berarti, semua selesai dengan cepat, dan sekali lagi… SANGAT MEMUASKAN!!! PERFECT!!!

Nah... Ini dia...



Dan untuk melengkapinya, saya langsung install aplikasi-aplikasi pendukung untuk keperluan pekerjaan maupun tugas-tugas yang menanti untuk diselesaikan. Nah, seperti biasa, disini saya menggunakan aplikasi-aplikasi yang menurut saya wajib ada di Mac OS X baik sebagai aplikasi utama maupun sebagai aplikasi pendukung.

Aplikasi-aplikasi yang wajib ada di Mac OS X tersebut adalah:

1. MICROSOFT OFFICE (WORD, EXCEL, dan POWERPOINT)


Aplikasi ini sangatlah populer. Gunanya adalah untuk mengerjakan pekerjaan kantor sehari-hari, tugas-tugas, maupun untuk kegiatan mengajar seperti saya ketika menulis makalah, membuat tabel, dan presentasi.

2. ADOBE PHOTOSHOP


Aplikasi ini diperlukan untuk membuat dan mengedit foto atau gambar agar terlihat lebih menarik, serta untuk aktivitas drawing lainnya.

3. ZEKR


Aplikasi ini saya butuhkan untuk membaca, mendengar, dan menela'ah Al-Qur'an Al-Karim. Dengan aplikasi ini, senantiasa dapat memahami kandungan-kandungan Al-Qur'an sehingga diharapkan tidak hanya urusan dunia saja yang perlu untuk diketahui dan dilakukan, namun urusan akhirat juga perlu untuk diutamakan.

4. LITTLE SNITCH


Aplikasi ini digunakan untuk memblokir aplikasi-aplikasi tertentu yang akan terkoneksi dengan internet sehingga akan memperkecil cepat habisnya quota internet (jika menggunakan modem) ataupun menghindari terblokirnya lisensi dari aplikasi-aplikasi tersebut.

5. TOTAL FINDER


Aplikasi ini membuat tampilan Finder menjadi ganda dengan fasilitas Toggle Dual Mode sehingga memudahkan saya untuk melakukan kegiatan copy, cut, paste, rename, dan lain-lain tanpa pusing harus kembali ke folder-folder sebelumnya.

6. SPOTIFY


Spotify merupakan layanan musik digital yang memberi akses ke jutaan lagu. Dengan aplikasi ini, saya dapat mendengarkan lagu apapun dari berbagai genre secara gratis maupun berbayar (beda di kualitas suara dan play offline) sehingga aktifitas saya di depan laptop menjadi lebih hidup dan berwarna.

7. AIMP3


Aplikasi ini digunakan untuk mendengarkan lagu-lagu favorit saya. Fitur dan fasilitas yang terdapat di AIMP3 sangatlah lengkap. Apalagi, tampilan Skin Magmatic 2 AIO (Verdana) membuat aplikasi ini semakin nyaman dilihat dan mudah untuk digunakan.

8. RADIUM


Aplikasi ini sangat saya suka karena saya bisa mendengarkan radio favorit saya dari seluruh dunia, sehingga membuat hari-hari saya lebih menyenangkan saat sedang mengerjakan tugas atau pekerjaan-pekerjaan lainnya.

9. MPLAYERX


Aplikasi ini digunakan untuk memutar video keluarga hasil rekaman sendiri dan juga untuk memutar film-film kesukaan saya. Tampilannya menarik, fitur dan fasilitasnya juga lengkap.

10. ARCSOFT PHOTO+


Aplikasi ini digunakan untuk melihat foto-foto maupun gambar-gambar secara terorganisir dengan tools yang lengkap. Yang lebih menarik, saya bisa membuat slideshow dari foto-foto maupun gambar-gambar tersebut dengan iringan musik yang disediakan oleh aplikasi ini maupun lagu pilihan saya sendiri. Selain itu, saya bisa memilih dan menjadikan foto-foto maupun gambar-gambar tersebut menjadi desktop wallpaper secara cepat.

11. CLEAN MY MAC


Clean My Mac adalah aplikasi perawatan yang menangani koreksi dan perbaikan setiap permasalahan pada laptop sehingga dapat menjaga laptop tetap dalam kondisi prima. Dengan aplikasi ini, saya dapat memaintenance laptop saya, baik secara otomatis maupun manual, sehingga laptop saya akan selalu menjadi seperti baru di-install kembali.

12. MEMORY CLEAN


Aplikasi ini sangat terkenal bagi para pengguna Mac. Dengan aplikasi ini, saya dapat membersihkan memori laptop secara otomatis dengan interval waktu tertentu maupun dengan cara manual sehingga kecepatan laptop dalam memproses setiap program-progam yang saya jalankan akan selalu stabil dan secepat kilat. Apalagi dengan adanya fasilitas "Extreme Clean", saya tidak khawatir laptop saya menjadi lambat. Jadi... no lag, no slow, no hang!

13. ISTATISTICA


Aplikasi ini saya gunakan untuk memantau kinerja dan kapasitas prosesor, memori, harddisk, baterai, serta koneksi internet, sehingga saya bisa mengetahui jika ada permasalahan yang terjadi. Hal ini sangat membantu saya dalam memonitor segala sesuatu yang terjadi pada laptop saya.

14. CARBON COPY CLONER


Carbon Copy Cloner menurut saya adalah suatu aplikasi yang sangat fantastis dimana aplikasi ini sanggup meng-clone disk hingga 100% sama persis dari harddisk yang dicopynya. Belum pernah saya menemukan aplikasi yang benar-benar 100% dapat meng-clone harddisk sebaik dan secepat ini. Hal ini sangat berguna jika pada suatu saat laptop saya terkena masalah dan mengharuskan untuk di-install ulang maupun di-restore.

15. ANDROID FILE TRANSFER


Aplikasi ini saya gunakan untuk melakukan transfer atau memindahkan berkas atau file dari perangkat Android ke Mac maupun sebaliknya. Secara normal, jika tanpa bantuan aplikasi ini, pada saat smartphone Android dihubungkan dengan Mac, maka hasil yang akan dilihat adalah perangkat melakukan pengisian daya, bukan menampilkan direktori yang berisi berkas atau file. Oleh karena itu, sangatlah penting menggunakan aplikasi ini untuk melakukan transfer berkas atau file antar Android dan Mac.

Nah, itulah aplikasi-aplikasi yang wajib ada di Mac OS X menurut saya, disamping aplikasi-aplikasi lain yang tidak kalah pentingnya dengan aplikasi-aplikasi yang telah disebutkan di atas. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Pages