Aplikasi-Aplikasi Yang Wajib Ada Di Mac OS X (Thinkpad)



Bagi sebagian orang, memiliki laptop berlogo "Apple" mempunyai gengsi tersendiri. Meskipun harganya mahal, tetap saja dibeli. Meskipun gaptek menggunakan aplikasi-aplikasinya, tetap saja berlagak gengsi. Nah, hal ini terjadi pada beberapa teman saya. Atau mungkin... Anda juga seperti itu? Sambil meng-klik ini itu yang seolah-olah tahu (atau sok tahu?), ujung-ujungnya pasti bertanya: "Mas, bagaimana cara pakai ini?" Yahaaa... Ngapain beli barang mahal tapi tidak tahu cara pakainya? Cuma untuk gengsi-gengsian dan mengetik-mengetik doang di Word dan Excel saja. Percuma lah... Lebih baik dan lebih bijak beli saja laptop biasa, yang lebih murah, yang sudah terinstall Windows, tidak usah gengsi-gengsian. Kan lebih berguna karena lebih familier. Yang penting manfaatnya, bisa untuk mengetik, bisa multimedia, dan lain-lain.

Tapi, berkat beberapa teman saya itulah, yang ketika itu saya sering dimintai tolong untuk mengajari mereka menggunakan laptop berlogo "Apple" tersebut (meskipun saya sendiri waktu itu juga belum terlalu tahu cara menggunakan aplikasi-aplikasinya), saya tergugah untuk belajar dan mempelajari sistem operasi komputer Mac OS X. Tapi bagaimana caranya? Sedangkan saya sendiri tidak punya laptop berlogo "Apple" itu.

Akhirnya, saya mempunyai pikiran, bagaimana seandainya jika laptop saya yang bukan laptop berlogo "Apple" diinstall dengan sistem operasi komputer Mac OS X agar bisa belajar sekaligus beralih menggunakan sistem operasi baru seperti Mac OS X yang menurut sebagian orang elegan, smooth, aplikasi-aplikasinya banyak dan lebih lengkap dibanding pesaingnya (Windows), lebih stabil, tidak bisa terserang virus, dan lain sebagainya. Wah... menarik nih. Kebetulan, saya memiliki laptop dengan spesifikasi menengah, yaitu:

LENOVO THINKPAD X131e
CPU Intel Core i3 3227U 1.9 GHz
Chipset Mobile Intel HM77 Express
Memory RAM DDR3 8 GB 1600 Hz PC3-12800
Hard Disk 500 GB
Graphics Intel HD Graphics 4000
Audio Realtek ALC3202 Dolby Advanced Audio v2 HDA

Tapi... Bagaimana caranya? Saya teringat bahwa dulu ketika saya mempelajari sistem operasi komputer Linux, ada silsilah bahwa Mac OS X merupakan saudara dari Linux, dengan kata lain, Mac OS X masih satu turunan dengan Linux dari UNIX, dari varian BSD. Nah, dengan berbekal ilmu Linux itulah dan didukung dengan searching tutorial cara menginstall Mac OS X di laptop non "Apple" melalui internet, saya berusaha agar laptop saya bisa diinstall Mac OS X. Akhirnya, dengan segala kesulitan yang saya hadapi dan alami hingga hampir frustasi, saya bisa menginstall Mac OS X Mavericks 10.9.3 di laptop saya. Sistem operasi komputer Mac OS X Mavericks 10.9.3 merupakan sistem operasi komputer dari "Apple" yang terbaru saat itu. Beberapa kekurangan muncul, namun sedikit demi sedikit kekurangan itu dapat diatasi dengan beberapa kernel extension (kext) atau dalam istilah Windowsnya adalah "driver", hingga akhirnya menjadi... SEMPURNA!

Tada... Akhirnya saya mempunyai laptop bersistem operasi Mac OS X Mavericks 10.9.3 dari "Apple" namun berlogo "Lenovo Thinkpad". Perlu diketahui bahwa Mac OS X versi 10.9 keatas merupakan sistem operasi komputer dari "Apple" yang "free" alias "gratis", tidak berbayar seperti versi sebelumnya, yaitu versi 10.3 - 10.8. Setiap orang bisa mencoba untuk menginstallnya di dalam laptop mereka masing-masing dengan syarat harus berprosesor Intel. Jadi, Mac OS X yang terinstall di laptop saya adalah... ORIGINAL! ASLI!

Nah... Ini dia...



Kemudian, untuk melengkapinya, diperlukan aplikasi-aplikasi pendukung untuk keperluan pekerjaan maupun tugas-tugas yang menanti untuk diselesaikan. Nah, disini saya menggunakan aplikasi-aplikasi yang menurut saya wajib ada di Mac OS X, baik sebagai pendukung maupun sebagai penghidup aktifitas laptop saya agar lebih berwarna dan bermanfaat lebih ketimbang sekedar ketik mengetik saja.

Aplikasi-aplikasi yang wajib ada di Mac OS X tersebut adalah:

1. MICROSOFT OFFICE (WORD, EXCEL, dan POWERPOINT)


Aplikasi ini sangatlah populer. Gunanya adalah untuk mengerjakan pekerjaan kantor sehari-hari maupun untuk tugas-tugas seperti menulis makalah, membuat tabel, dan presentasi.

2. ADOBE PHOTOSHOP


Aplikasi ini diperlukan untuk membuat dan mengedit foto atau gambar agar terlihat lebih menarik, serta untuk aktivitas drawing lainnya.

3. AIMP3


Aplikasi ini digunakan untuk mendengarkan lagu-lagu favorit saya. Fitur dan fasilitas yang terdapat di AIMP3 sangatlah lengkap. Apalagi, tampilan Skin Magmatic 2 AIO (Verdana) membuat aplikasi ini semakin nyaman dilihat dan mudah untuk digunakan.

4. RADIUM


Aplikasi ini sangat saya suka karena saya bisa mendengarkan radio favorit saya dari seluruh dunia, sehingga membuat hari-hari saya lebih menyenangkan saat sedang mengerjakan tugas atau pekerjaan-pekerjaan lainnya.

5. MPLAYERX


Aplikasi ini digunakan untuk memutar video keluarga hasil rekaman sendiri dan juga untuk memutar film-film kesukaan saya. Tampilannya menarik, fitur dan fasilitasnya juga lengkap.

6. ARCSOFT PHOTO+


Aplikasi ini digunakan untuk melihat foto-foto maupun gambar-gambar secara terorganisir dengan tools yang lengkap. Yang lebih menarik, saya bisa membuat slideshow dari foto-foto maupun gambar-gambar tersebut dengan iringan musik yang disediakan oleh aplikasi ini maupun lagu pilihan saya sendiri. Selain itu, saya bisa memilih dan menjadikan foto-foto maupun gambar-gambar tersebut menjadi desktop wallpaper secara cepat.

7. ITRANSLATE


Nah... Aplikasi ini nih yang sering membantu saya dalam menerjemahkan bahasa asing ke dalam bahasa Indonesia secara online. Menampung sebanyak 400 huruf untuk diterjemahkan. Hasil terjemahannyapun akurat.

8. MACFORT


Aplikasi ini saya gunakan untuk mengenkripsi atau mengunci file-file dan folder-folder penting saya agar tidak dibuka dan dilihat sembarangan oleh orang lain.

9. TOTAL FINDER


Aplikasi ini membuat tampilan Finder menjadi ganda dengan fasilitas Toggle Dual Mode sehingga memudahkan saya untuk melakukan kegiatan copy, cut, paste, rename, dan lain-lain tanpa pusing harus kembali ke folder-folder sebelumnya.

10. HANDS OFF!


Aplikasi ini digunakan untuk memblokir aplikasi-aplikasi tertentu yang akan terkoneksi dengan internet sehingga akan memperkecil cepat habisnya quota internet (jika menggunakan modem) ataupun menghindari terblokirnya lisensi dari aplikasi-aplikasi tersebut.

11. SCREENSHOT PLUS


Aplikasi ini sangat berguna untuk meng-capture segala sesuatu yang penting yang terlihat di layar monitor agar mudah dijadikan arsip dan data di saat saya tidak bisa dengan cepat mengabadikannya melalui alat yang lain.

12. SCREENFLOW


Aplikasi ini saya gunakan untuk merekam segala sesuatu di layar monitor. Dengan aplikasi ini, saya bisa membuat tutorial mengenai suatu topik, bahkan saya bisa membuat video berisi kumpulan gambar diiringi soundtrack pilihan saya apabila digabungkan dengan aplikasi ARCSOFT PHOTO+ di atas.

Nah, itulah aplikasi-aplikasi yang wajib ada di Mac OS X menurut saya, disamping aplikasi-aplikasi lain yang tidak kalah pentingnya dengan aplikasi-aplikasi yang telah disebutkan di atas. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Pages